Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi dengan ESWL

images-ginjalBeberapa waktu lalu tepatnya awal Bulan April ini, aku terkena Batu Ginjal. Teman-Teman yang mendengar aku kena batu ginjal langsung merinding. Teman-teman semua pasti begitu karena ginjal merupakan organ VItal dalam tubuh kita yang berfungsi untuk membuang sampah metabolisme dan racun tubuh dalam bentuk urin / air seni, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Awal gejalanya mungkin tidak terasa (mungkin tidak dirasakan) karena hanya berupa pegal pada pinggang, kebetulan aku pinggang kanan yang pegal-pegal. Tapi aku anggap sebagai pegal biasa karena aku kerja banyak duduk. Tanpa kusadari itu pertanda kalau Ginjalku bermasalah. Hingga akhirnya pada malam selasa tanggal 31 Maret 2009 Pukul 23.30, aku kebangun karena rasa sakit yang amat sangat di pinggang kananku. Yang ada rasa bingung, untuk tidur sakit, duduk sakit, jongkok sakit, rasanya seperti mau buang Air kecil tapi tidak kaluar, ditambah bingung lagi aku tinggal di Rumah sendiri tidak ada teman (maklum bujangan :-) ), telp kakak malah bingung juga, setelah telp adik kenal GD akhirnya ada ide juga yang dari tadi tidak terpikirkan, Minta tolong tetangga untuk mengantar ke Rumah Sakit.

Akhirnya Pukul 00.15 aku diantar ke RS A, di deket perumahan. sampe disana check urin ternyata memang hasilnya kandungan darahku Positif (+) 4, yang artinya kandungan darah dalam urineku sudah paling banyak. Tetapi dokter saat itu tidak menindak lanjuti hanya memberi diagnosa kemungkinan Infeksi Saluran kencing, dan cuma diberi Obat pereda nyeri. Cuma Kumakan sehari karena sudah tidak sakit lagi, dan juga pagi harinya Ibuku dan Adik kenal GD datang dari Jogja bawa Obat Herbal dari Kakak. MEmang Obat itu telah banyak yang membuktikan tapi dengan cara berangsur-angsur. setelah minum 2 hari sakitku kambuh lagi, akhirnya kuputuskan untuk ke RS lagi yang lebih maju. Jum’at 3 April 2009 di antar adik kenal GD aku ke RS HI, dibilangan Cikarang Baru. Sampai disana langsung UGD test urine, check Darah, USG, akhirnya Positif aku terkena Batu ginjal dan udah turun ke Saluran kencing, bisa dibayangkan sakitnya Saluran kencingku cuma 4 mm dan batu sudah 6 mm. Saat itu juga aku harus Opname (oh mama…) pertama kalinya dalam hidupku di Opname (mudah-mudahan yang terakhir).

Setelah masuk ke kamar tempatku dirawat beberapa saat kemudian dokter yang menanganiku datang, dokter spesialiseswl bedah Urologi, mendengar namanya ngeri banget aku, bayanganku bakal di Operasi Aku :-( . Tapi alhamdulillah karena kemajuan teknologi Batu Ginjalku tidak perlu di operasi ataupun Laser, tetapi menggunakan ESWL (Extracorporal Shock Wave Lithotripsy) sebuah mesin canggih yang dapat menghancurkan Batu ginjal menggunakan gelombang kejut. Alat ini dapat meminimalisir resiko dibandingkan Operasi atau Tembak Laser karena tidak perlu melakukan pembedahan maupun memasukkan alat ke dalam tubuh.

Pada hari H deg-degan juga, takut sakit karena tidak dibius sama sekali. Dalam pelaksanaannya aku tiduran di sebuah tempat tidur yang tengahnya berlubang karena disitu alat yang berfungsi menembakkan gelombang kejut berada, dan dikendalikan memalui remote oleh dokternya dari luar ruangan. Beberapa saat setelah penembakan dimulai rasa deg-deganku mulai mereda, karena rasanya tidak seperti yang kubayangkan, hanya seperti dijepret pakai karet gelang.stonebig Suasana sunyi senyap hanya terdengat suara tek..tek..tek secara periodik yang berasal dari alat seperti toples tadi dibawahku yang sedang menembakkan gelombang kejut tersebut yang membuatku ngantuk. Satu jam penembakan tidak terasa karena aku tertidur, tau-tau sudah dikasih tau perawat kalau penembakan sudah selesai dan disuruh untuk segera buang air kecil. Kaget aku melihat air kencingku merah campur darah dan terasa ada pasir yang keluar, itulah batu yang telah berhasil dipecah tadi. Yang mengagumkannya setelah penembakan selesai hari itu juga aku boleh pulang, berbeda dengan Operasi atau laser yang mestinya butuh waktu lama untuk pulih kembali.

Dari pengalaman di atas ngeri Juga, rasanya ga mau lagi kena sakit begituan. Sebenarnya apa sih penyebab batu ginjal itu? menurut dokter perusahaan yang kemarin aku tanya :

1.Kurang minum.
2.Diet banyak mengadung kalsium atau oksalat.
3.Kadar asam urat darah yang tinggi.
4.Sumbatan pada saluran kemih.
5.Riwayat infeksi saluran kemih.
6.Riwayat keluarga menderita batu saluran kemih.
7.Pekerjaan banyak duduk/kurang aktifitas.
8.Faktor lingkungan.

Dan memang aku sadar sejak akhir 2008 kemarin aku sangat-sangat kurang minum air putih, dalah sehari mungkin cuma 2-3 gelas (@ 250 cc). Terus untuk tanda-tandanya bagaimana? yaitu sebagai berikut :
1.Pegal-pegal / nyeri pada pinggang yang dapat menjalar keperut bagian depan, lipat paha hingga kemaluan
2.Buang air kecil berdarah
3.Buang air kecil berpasir
4.Nyeri pada saat buang air kecil
5.Kadang-kadang disertai demam
Tapi tanda-tanda di atas terkadang kita abaikan , oleh karena itu mulai sekarang waspadalah.
Yang terpenting untuk mencegah batu ginjal adalah perbanyak cairan kita, minum air putih 40 cc/ Kg BB. jadi contohnya saya berat badan 60, jadi saya harus minum air putih dalam sehari 40 x 60 = 2400 cc atau 2,4 liter.

Jadi perbanyak minum air putih, karena itu lebih menyehatkan dibandingkan minuman yang lainnya.

Tentang iklan-iklan ini

201 thoughts on “Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi dengan ESWL

    • saya kemarin pengobatan di RS. Siloam Lippo cikarang, rujukan dari RS. Harapan International CIkarang, dengan dr. Paulus Spesialis Bedah Urologi, Kalau di daerah Jawa Tengah DIY ada di RS Islam Sultan Agung Semarang. anda tinggal dimana mungkin terdekat dengan salah satu yang saya sebutkan tadi

      • kemarin saya biaya ESWLnya 7 Juta, kebetulan saya masuk hari jum’at jadi penanganan ESWL baru bisa dilakukan hari senin.. + biaya obat dll 12 sekian.. misal penanganan cepat pasti lebih murah.

    • setahuku tidak ada efek sampingnya.. karena setelah kontrol kemarin udah bersih.. tinggal kita jaga minum air putihnya. karena kemungkinan kambuh bisa 30%. minimal 40cc x berat badan kita, jadi seperti saya berat badan 65 kg maka 65 x 40 = 2,6 liter, jangan makan jengkol dan petai.

    • insya allah bisa.. dalam artian masih dalam kemampuan alat tersebut mungkin untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke dokter ahlinya

  1. Teng-kyu mas tipsnya, tetap sehat dengan banyak minum air putih…….(btw aku juga salah satu korban kurang minum air putih, dan kemarin operasi laser, soalnya ESWL belum ada di daerah dekat tempat tinggalku). Memang benar, pake laser agak lama pulihnya, selang satu minggu baru bisa “dipakai”, bekas operasi masih terasa, agak2 geli & perih di “anu”. :D

  2. Mas, bundaku udah lama kna batu gnjal, bsa diblang udah parah, bnyangin batu ginjalnya 3,4cm bukan mm, trus kira2 dpt ditangani sama ESWL g mas, posisi saya dijatim, kira2 di RS dr.sutomo ada g y mas

  3. suamiku hari ini baru aja di eswl..prosesnya cepat n bisa langsung pulang..suamiku di rujuk di klinik baruna daerah cikini disana ada alat eswlnya

  4. fyi aja untuk lokasi2 eswl di indonesia:

    Sumatera :
    medan :
    RS Martha Friska

    PekanBaru :
    RS Awal Bros

    Jakarta :
    RSPP (Kyai maja Jaksel)
    Klinik Baruna Cikini (komplek ruko depan smp 1)
    RSIB Ramsay (Bintaro)

    Semarang :
    RSUD dr.Kariadi

    Surabaya:
    RS dr.Sutomo
    RS. Pelabuhan

    Bali:
    klinik Karsuneka

    Semoga bermanfaat…

  5. Mas CJDW salam kenal…
    Hasil foto BNO IVP saya menunjukan ada batu ginjal, meskipun kecil. Dokter merekomendasikan utk ESWL. Hanya saja saya masih ngeri krn saat penembakan ESWL katanya dipasang kateter ya di ureter kita ? apa benar ? Kalau saya baca cerita mas CJDW, sehari bisa langsung pulang. Tapi di rs tempat saya cek, katanya perlu inap 2-3 hari. Wah kalau bisa langsung pulang enak sekali yach..kebetulan rumah saya jg tidak jauk dr Cikarang …

  6. @all mohon maaf baru balas, karena kesibukan kerja lama blog ini terbengkalai.
    @ari : sip mas.. mudah2n sekali saja kita merasakan ini, selanjutnya jaga selalu hidup sehat :D
    @dodi ak : mohon maaf mas untuk laser kurang tahu mungkin rekan yang lain ada yang tahu.
    @putra :
    @nia : mudah2an lekas sembuh dan tidak kumat lagi mbak.
    @joy : terima kasih mas informasi nya semoga berguna bagi yang lain.
    @yudi : mungkin di sesuaikan dengan ukuran batunya mas jadi penanganannya juga lain, alhamdulillah saya sehari dalam hitungan jam langsung boleh pulang

  7. Mas, saya baru dpt kabar dari ibuku beberapa hari lalu bahwa beliau terkena batu ginjal juga katanya.. saya belum tahu jelas berapa ukurannya tapi yang jelas batu ginjal itu telah menyiksa ibuku… berat badan ibuku turun drastis karena ga bisa makan alias sering muntah setiap mkn, jg disertai demam setiap 2 hari… setelah dicek ternyata ibuku kena batu ginjal. Menurut dokter ibuku harus di operasi tapi karena biayanya sangat tinggi apalgi di kotaku (Luwuk – Sulawesi tengah) belum ada rumah sakit yg bisa mengoperasi batu ginjal. untuk saat ini ibu kami dianjurkan tuk berobat alternatif seperti jamu2an gitu.. Insya Allah bisa sembuh…
    Setelah baca artikel ini saya tertarik tuk mengajak ibuku menggunakan ESWLnya.
    Pertanyaan saya :
    1. Kira2 di daerah Sulawesi dan sekitarnya ada dikota mana ya??
    2. Kira2 berapa harganya ya??
    3. Setelah ESWL itu kira2 ada pantanganya ga ya?/

    sekian dulu mohon tanggapan dari teman2 disini…
    terima kasih sebelumnya…

    • 1. untuk sulawesi saya kurang tahu mas, mungkin bisa konsul dengan dokter ahli ini disana.
      2. untuk harga tergantung besar kecilnya batu mas, kalau tidak salah antara 5jt ~ 25/30jt
      3. tidak ada mas, rasanya seperti sehat saja tidak ada apa2, paling dikurangi minuman seperti teh & kopi

      terima kasih, semoga membantu

    • Di Sulawesi Selatan ada, tepatnya di rs. grestelina (dgn jln operasi dgn harga 47jt), kl di rs. hikmah (dgn jln ESWL hargax belum tau)

  8. saya juga menderita batu ginjal, kata dr yg merawat batu ginjalnya dari asam urat sehingga tidak bisa dihancurkan pakai eswl, cara yang mungkin dengan memasukkan kateter lewat penis, sekarang batu nya sudah diambil, apakah benar seperti itu ? terimakasih

    • sepertinya iya pak, untuk alasannya saya kurang tahu.. cuma kemarin ada rekan yang seprrti yang bapak alami, dan penanganannya seperti itu juga,
      terima kasih

  9. ESWL bs di kerjakan 1 hari selesai,begitu saran dokter tempat suamiku periksa. Suamiku kena batu ginjal dengan ukuran 15mm dan batu ureter sebesar 21mm. Menurut dokter yang memeriksa,penggunaan ESWL paket 1 hr langsung pulang hanya 6 jutaan

    • daerah mana bu.. mungkin di tiap rumah sakit berbeda-bda biayanya.. memang dengan ESWL langsung bisa pulang dan tidak ada bekas / tanda seperti habis operasi

    • maaf bu, mohon keterangan. itu dirumah sakit mana ya? kebetulan saya tinggal di daerah jakarta utara.. dalam waktu dekat saya disarankan utk di laser, tapi saya baca brusan ttg ESWL kayaknya lebih nyaman .. trims

  10. Saya sekarang sedang kesakitan. Rasanya dipinggang sampe ke telor. Udah 2 kali opname. Dari hasil pemeriksaan (test urin, usg dan rontgen kesimpulannya hidronephrosis kanan dicurigai batu radiolusent di pyelum kanan dan terjadi pelebaran calices grage IV. Mungkin karena asam urat. Katanya mau di url(lewat lubang penis dimasukin alat untuk menarik batu). Dibandingkan dg eswl mendingan mana ya. Dari segi biaya dan waktu sembuhnya. Oya eswl berapa total biayanya. Tx.

    • kalau darisegi waktu dan penyembuhan lebih condong ke ESWL mas.. akan tetapi jika karena asam urat mungkin harus konsultasi dulu.. kalau ESWL sehari bisa langsung pulang tanpa ada tanda2 seperti habis sakit. untuk biaya mungkin tergantung rumah sakit dan besar kecilnya batu

  11. istri saya mendapat rujukan untuk operasi batu ginjal di rumah sakit gobal internasional yang ingin saya tanyakan apakah opersi dengan menggunakan peralatan ESWL (Extracorporal shock wave lihotripsy) dapat di cover oleh asuransi yang dijaminkan oleh perusahaan?

    • sepertinya bisa dua-dua nya pak.. dulu saya ditanya pribadi, asuransi atau perusahaan..
      kebetulan saya menggunakan dari perusahaan

  12. Saya pasien di rs Global Awal Bros kali malang. Sdng menunggu proses ESWL, krn ada batu ukuran 0.37 cm di sal kemih. Tapi proses tertunda krn stlh rontgen ginjal BNO, diare berlanjut akibat timbul parathypus, dan mendapat haid. Rupanya pergerakan usus yg kencang krn diare terus menerus bisa mengganggu proses penembakan batu ginjal, dan haid bisa menyarukan pemantauan pendarahan akibat pengeluaran batu setelah penembakan. Dokter harus pastikan tdk ada yg mengganggu proses ESWL. Sebagai pasien harus sabar. Sekedar sharing. Terima kasih.

  13. mohon info rumah sakit yg melayani eswl di wilayah malang atau surabaya … saya sedang menderita batu saluran ureter sebesar 8,7 mm. mohon masukan juga kalau menggunakan askes. terimakasih sebelumnya.

  14. Saya juga ada batu ginjal sebelah kanan sebesar 6,8mm. Pingin pakai ewsl didaerah jember atau surabaya atau malang yang bisa pakai askes dimana ya? Dan dikenahi biaya tambahan berapa lagi ya? Kutunggu pencerahannya…

  15. mw tanya dmn y alamat rmh sktny??? aku jg kena penyakit ini,dan dpt rujukan untuk operasi laser d RS,.. stlh bc artikel ini, aku pgn coba,…minta almt lgkpny, plus tlpny y mas??? mksh bnyk….

  16. kmarin saya d eswl d klinik baruna cikini raya.rujukan dr Rs Karya Bakti Bogor
    udah beres d eswl.langsung bs pulang ke rumah.dan sudah tidak merasakan sakit lagi.tp skrg setelah semalam rasa nyerinya d daerah pinggang timbul lg.kenapa ya?

    • mungkin harus dibanyakin minum air putihnya mas.. kemarin-kemarin juka saya ngerasa pinggang ada yang ngganjal, saya minumi yang banyak rasanya jadi lebih enakan

  17. mas kmren ak di lampung baru ronzen ama usg trnyata di ginjal kanan ku sdh ada batu sebesar 4 cm ak smpat shock dan lemas mendengarnya .. kira 2 kl sudah sbesar itu apa biaya lebih mahal ya mas ak tertarik sekali tp di rs itu tidak bs pake askes ya mas….

  18. makasih banget infonya..ternyata d jogja ada…pencerahan…cz ini ayahQ jg lagi ngalamin hal yg sama,..ada batu ginjal d saluran kencing gtu..besarnya 1 cm…takut d operasi..
    thx a lot..

  19. @hariyadi : wah sudah sebesar itu kurang tahu saya mas, mungkin bisa dikosultasikan ke dokter dulu

    @dheelam : samasama mudah2an tidak ada halangan dalam pengpbatan :)

  20. HIks…hiks…hiks..
    ternyata banyak yang satu nasib dengan saya, saya juga kena tapi batunya sudah turun di uretr sialnya ada di kanan dan kiri.
    saran saya untuk yang tinggal di DIY dan Jateng JANGAN SEKALI-KALI PERIKSA KE RS SARDJITO, sumpah kalian bakalan marah-marah dan kecewa dengan pelayanannya.
    aku sampai detik ini masih dendam banget dengan Rs sardjito.
    Eh ESWL paling murah di sekitar jateng di mana ya?

  21. ESWL di Malang Raya
    ya di RSSA or Saiful Anwar
    aq ESWL disana tanggal 5 Maret 2011, setelah
    sebelumnya tgl 1 Maret 2011 menjalani URS

    @CJDW
    Aq lha kok podo karo awakmu :(

  22. apakah bisa dikirim via email saya…, kalau di Bekasi dimana ya RS dan saat di ESWL berapa biayanya, saya tunggu informasi ini karena sangat penting, tks

    • untuk biaya mungkin variasi mas.. yang saya tahu di bekasi baru di rumah sakit siloam tempat saya operasi dulu mas..

  23. sy jg sma kna btu ginjal ukurannya dh 2,6cm,kra2 klu operasi brapa y biayanya. Untk rncna operasi di RS islam purwokerto,gmn menurut tmn2.

    • wah lumayan besar itu mas.. kalau untuk biaya mungkin bisa dikonsultasikan dulu dengan pihak RS karena mungkin berbeda dengan harga disini..

      • mahal kali mbak …, sy laser di bandung biayanya sekitar 13 jt an udh trmasuk rawat inap plus obat2an.
        rawat inap di rs muhammadiyah dan operasinya di RS. hasan sadikin

  24. ke Bu Atun aja di jl Urip Sumoharjo 244 Pemalang , batu ginjal di ambil dgn kapas tanpa rasa sakit
    hampir semua penyakit diupayakan sembuh sama beliau

  25. Saya Baru minggu kemaren menjalani litoclats batu ureter kanan 7cm,kira kira berapa lama sampai batu bisa bersih keluar smua?karena ketika kurang minum msh ada darah ygvkeluar dr kencIg..

  26. Mas. adikku juga kena batu ginjal , mau d eswl juga brp ya biayanya,kemarin mo di operasi tapi biayanya gede banget .g jadi g cukup duitnya , kalo eswl rs Islam ada ga ya? berapa biayanya ? tolong ya mas….

    • Ginjal tidak pandang umur mas.. pas kena saat itu 22 -23 , batu ginjal menyerang karena pola hidup, pola makan dll..

  27. Sekedar Sharing, baru saja seminggu yll saya melakukan ESWL di RSCM jakarta, batu ginjal saya ukuran 5 mm, bentuknya seperti tusuk gigi dan menancap di saluran antara ginjal dan kemih, bisa dibayangkan betapa sakitnya waktu itu, saya masuk UGD sambil teriak-teriak spt kesurupan, dan minta dibius total atau dibuat pingsan sekalian saking ga kuatnya, setelah dilakukan pemeriksaan, dokter merekomendasikan ESWL karena batu nya masih kecil dan posisinya memungkinkan, saya masuk jumat malam dan baru bisa ESWL hari selasa, karena menunggu antrian ESWL di RSCM yang panjang karena pasien RSCM menerima rujukan sampai luar pulau juga. Proses ESWL selanjutnya sama persis seperti mas sijidewe dengan satu perbedaan dimana mas sijidewe sampe ketiduran kalau saya lain, bolak-balik saya dimarahin dokter karena pada saat berlangsungnya ESWL saya tertawa sampai terbahak-bahak karena menurut penerimaan indra saya itu geli sekali (wkwkwkwkwk) dan disuruh diam karena sasaran tembak bisa melenceng terus, saya bisa melihat proses hancurnya batu ginjal saya itu melalui monitor, mulai batu tersebut terpotong jadi 3 bagian sampe hancur berkeping-keping, dengan 3000 kali ‘tembakan’ (yang menurut saya itu lebih tepat gelitikan), setelah itu saya diminta istirahat dulu di kamar inap saya 2 jam, dan akhirnya bisa pulang, pantangan dan kewajiban saya sama persis dengan mas sijidewe dengan tambahan tidak boleh makan kacang mede. Mengenai biaya benarnya saya tidak tahu pasti karena saya ditanggung 100% oleh perusahaan, tapi saya sempat tanya dengan dokter yang merawat saya, untuk umum kira-kira 5 jutaan kurang (tergantung ukuran batu, maksimal 8 jutaan) mungkin karena itu tergolong murah dari rumah sakit yang lain karena dilihat dari antriannya yang dari subuh sampai petang dan saya baru dapat hari selasa :( . oh ya, selain RSCM yang menyediakan ESWL adalah RS Jatinegara (saat ini namanya PRemiere Jatinegara).
    Semoga bisa membantu, Wassalam.

    • terima kasih mas sharingnya.. mudah-mudahan saudara yang lain bisa ada gambaran.. masih penasaran dengan anda mas.. seperti di jepret karet tapi malah ketawa kegelian xixixixixi :mrgreen:

  28. Nb: ada yang kelupaan pada penjelasan saya di atas, sebenarnya saya masuk RS Thamrin, dan dokternya menyarankan ESWL di RSCM (Thamrin ga punya alatnya), jadi di RSCM cuma tindakannya saja yang ga sampai sejam. Untuk Askes, di Thamrin tidak bekerjasama lagi dengan Askes, dokter dan perawatnya pernah memberitahu dulu ada pasien dengan jaminan Askes ke Thamrin dengan pengobatan ESWL juga, setelah di konfirmasi dengan ASKES, pihak ASKES setuju dengan biayanya, namun setelah selesai, ASKES tidak kunjung membayar, sampai biayanya diturunkan 2,5 Jt juga belum dibayar, akhirnya pihak RS memutuskan kerjasamanya. mungkin bisa dicoba langsung di RSCM.

  29. ass,dok mau tanya ayah saya berumur 55th menderita batu ginjal, apakah dirumah sakit panti rapih di DIY bisa operasi dengan sistem laser? dan berapa biaya operasi laser? dokter siapa yang menangani operasi batu ginjal menggunakan laser dok? sekian terimakasih

  30. boleh tahu kalo posisi di solo di rumah sakit apa ya?
    perbedaan eswl sendiri sama orang yang banyak bilang pake laser itu apa?
    trus eswl sendiri kan penembakan pakai gelombang ya, kalo tidak tepat apakah bisa berpengaruh pada tulang? ( misal kalau meleset dan kena tulang )
    terima kasih

    • coba pak ke RS islam solo, saya kurang tahu bagaimana pastinya dengan sistem laser pak, tetapi untuk eswl ini tanpa ada alat yang masuk ke dalam tubuh & tidak berbekas.. kalau mengenai kemungkinan itu bisa konsultasi ke dokter.

  31. saya tinggal disamarinda, saya menderita batu ginjal, sungguh sangat menyakitkan menjalani hidup dengan kesakitan, apalagi kalo sakitnya bertambah parah, kadang untuk bersin saja sakit. saya mau tanya untuk samarinda RS mana yg bisa melakukan ESWL dan berapa biayanya, tolong infonya ya karena sekarang saja saya merasa kesakitan, Trims

    • coba pak cari informasi ke sini :
      Rumah Sakit Umum H A Wahab Sjahranie, tipe B: Jl Dr Soetomo Samarinda
      Rumah Sakit Dirgahayu: Jl Merbabbu No.2 Samarinda
      Rumah Sakit Dim 0901 Samarinda, tipe 4: Jl jend Sudirman Samarinda
      Rumah SakitIA Aisyiah Samarinda: Jl P Hidayatulah 64 Samarinda
      Rumah Sakit Jiwa Samarinda, tipe B: Jl Kakap No.23 Samarinda
      Rumah Sakit Islam Samarinda: Jl Gurami No.18 Samarinda
      Rumah Sakit Bhakti Nugraha: Jl Basuki Rahmat 50 Samarinda

      untuk masalah biaya mungkin setiap rumah sakit berbeda-beda

  32. ass..suami sya skrg ini jg d fonis kena batu ginjal,dan d sarankan mnjalani oprasi,bru dnger kta2 oprasi aj dah takut,yg ingin sy tanyakan,kl di RS palembang kira2 d mn ya yg ad ESWL,tq..

  33. Ass.
    syukur bgt baca komen2 diatas, dpt bxk info dan trnyata banyak juga yg senasib dgn sy. sy juga divonis batu ginjal oleh dokter, smpt kget dan g prcaya jg soalx usia sy msh 21 thn. tp mmg gejala sakitx udh minta ampun bgt, batu ginjal sy berukuran 1 cm mnrut hasil usg, dan disarankan operasi, jd dokter ngasi saran klw di eswl aja. kebetulan sy di batam dan blm ada rs di batam yg mempunyai eswl, besok brgkt bareng doktenyax ke jkrta, kt dokterx eswlnya di rs, asri daerah mampang jaksel ( bnr g ya alamatx, soalx sy jg g tw daerah jkt .. hehe ). bnr g ya ada eswl di rs.asri tsb?? soalx sy baca dari komen tmn2 di atas, g ada yg nyebutin nama rs itu…

  34. saya baru saja ESWL wah lumayan tegang awalnya ,tp setelah dipasangkan alatnya ternyata alatnya hanya seperti alat pijit aja . Untuk biaya saya habis 6.5 jt .Saya melakukan tindakan d RS. Omni Pulomas ( rujukan dr Rs. Carolus salemba ) oleh dr Prihadi .

  35. Awl des 2011n q sakit ky anyang2n tp g kunjung smbuh n skt bgt pe bsk ri na q prgi k mitra keluarga cikarang.pas mo konsul k doktr sblm na kn pi2s tuh..eh..bDarah n tmbh skt bgt.q srh tes urine,darah ma usg.dugaan batu ginjal.untk mastiin q srh tes bno ipp.liat hsl na dy nyaranin urs litoclast kt na tu bwt mstiin dmn batu na sXn ngancurin n ngluarin batu.dy ky na msh ragu dmn letak batu na.n ko g kTwn brp bsr batuna y?tu kTwn brp ukrn batu na wkt tes pa?smpy skrg q lom mLakukn tindkn mNgingt biaya yg sgt mahal.krn knn kiri prkiraan urs litoclast 28jt.lo eswl daerh cikarang slain siloam dmn y?kira2 skrg brp y?

  36. O’y lo wkt usg ginjal q bengkak mk na mrk bil ksimpuln da pnyumbatn krn batu.tp q g ngrasa skt pinggang yg hebat ky yg org2 blg.q cm sk ngrasa kdg bag pinggang belakang perih pe mJalar k bag perut dpan.kadang lo draba pinggangna brasa bgt skt.tp tu jrg..?

  37. assalam,
    wah mas..ini saya besok juga mau di eswl rencananya, mohon doanya yaah..hhe
    yg punya info share dong, kalo dr asuransi jasindo kira2 ditanggung ga? soalnya papah saya orgnya termasuk kolot (re: pelit) , kalo biayanya agak mahal saya rasa dia gak mau bayarin :(
    mksh yah semuanya..mksh ;;)

  38. saya di mataram,kakak saya berumur 62 tahun, menderita batu ginjal 7 mm apa masih bisa di sembuhkan dengan ESWL, dan dimana alamat rumah sakit terdakat yang ada eswl nya

  39. mau share pengalaman, tanggal 14 Feb 2012 saya di ESWL di RS Bintaro, batu ginjal ukuran 6 dan 3 mm di ginjal kanan, proses ESWL tidak sakit cuman yang sakit di kateternya saja , saat kebal habis terasa sakit, setelah dicabut kateter bisa pulang semalam di RS,biaya total sekitar 30 juta( ESWL nya 8 juta cuman ada tambahan rongent, anestesi, cek lab, ct scan, biaya dokter dll ) kalau ukuran dibawah 20mm bisa di ESWL lebih dari itu dibedah,

  40. Besok aku menjalani ESWL di rumah sakit ASRI Jakarta selatan. Minta doanya. Kalau selesai operasi nanti aku share lagi di sini.
    Bermula tahun 1996 pernah kesakitan luar biasa sampai perut kolik menahan sakitnya. Karena kejadian waktu itu di kampung jadi cuma di bawa ke bidan terdekat di kasih obat pereda sakit dan peluruh batu dan beres….
    Kejadian terulang 2004, di USG tdk terdeteksi, rongsen juga tdk tampak. Tes urine menunjukkan pengkristalan. So di kasih obat untuk melunturkan kristal tersebut. beres……
    2012 terulang lagi, kali ini aku mau beresin tuntas supaya tdk sakit sakit lagi. Kali ini USG tampak ukuran ginjal kanan agak bengkak kesimpulan ada penyumbatan. Trus opname besoknya IVP besoknya operasi yang pakai endoscopy di masukin ke penis. Metode ini baru bisa beresin ginjal ke bawah.
    Makanya besok aku akan menjalani ESWL. Semoga lancar amin

      • Thanks mas sijidewe………
        Alhamdulillah ESWL tahap 1 selesai dan mingu depan mesti di ulang karena batunya lebih dari 1. Jenis batu di ginjalku ini adalah lucent jadi ga kelihatan di monitor x-ray. tapi kelihatan di monitor USG. Batunya cukup bandel bahkan sampai 4000 tembakan tuh baru menghancurkan 60% dr batu yang terdeteksi. Betul rasanya seperti di jepret karet tetapi ada kalanya rasa sakit yang terasa di ginjal seperti awal mau kolic karena intensitas terlalu tinggi, trus di turunin dikit. kalau ga salah di skala 17. Setelah ESWL pipis ada warna merah tapi setelah itu bersih lagi.
        Semoga makin sehat…… amin

  41. siip
    mksi infonya…
    q jugq pxk info spa tau berguna
    buanglah air kecil seblum/sesudh mlkukan hubungan, krna bisa mencegah terjadinya ISK…
    mencegah lbih baik dripd mengobati bukan…..

    • Dokter bilang kemungkinan 30% bisa terjadi lagi, tentunya tergantung juga pola hidup kita ya. Jumlah air yang di minum dan jenis makanan yang di konsume. Beberapa artikel makanan tertentu yang meningkatkan kadar calcium juga memberi kemungkinan pengendapan. So Minum air 2 liter perhari, makan sehat dan pemeriksaan berkala.

      • betul pak.. tergantung pola hidup, perhatikan minum, makan & olah raga. saya sendiri jika terkadang lupa beberapa hari kurang minum air putih dipinggag yang dulu sakit .. ada rasa ngganjel gitu.. setelah iu baru inget minum yang banyak lagi

  42. Hemmm Perjuangan yang melelahkan…. Sejak aku kolic dan masuk rumah sakit di semarang selama 4 hari, 2 kali eswl di jakarta dan hari tadi malam operasi ringan terakhir untuk mengambil DJ-stent yang di pasang di ureter. Wow…. mahal bro!!! itung itung dapat mobil 1 tuh. Untung di cover asuransi jadi cuma bayar sebagian waktu naik kelas. Setelah ini komit hidup sehat, minum 2 liter, olah raga dan makan sehat.

  43. haloo mas bro.. mau tanya nih, gimana kalau batu ginjalnya itu banyak dan kecil2 di kedua ginjal… apa bisa dilakukan ESWL ?

  44. Halo semua, mohon infonya kalau di bandung ada tidak rumah sakit yang punya unit ESWL ? saya sekarang sedang rawat inap untuk menunggu jadwal operasi laser ….mohon dg sangat infonya.

  45. Saya Andi tgl 2 mei 2012 pergi keklinik Global , ruko cempaka mas jakarta utara,untuk penembakan batu ginjal dengan metode ESWL ,batu sebesar 1,2 cm .memang benar setelah selesai penembakan buang air urine bercampur darah , setelah esok harinya saya pergi Rontgen masih ada tampak batu opag, cuma yang membuat saya sedikit bingung apakah ini sudah termasuk berhasil . MOHON BANTUAN

    • Mohon maaf sebelumnya mungkin saya belum bisa bantu karena kebetulan hasilnya berbeda.. mungkin untuk sebaiknya konsultasi dengan dokter yang menangani langsung karena setelah ESWL kok masih ada tampak batu.. seharusnya sudah hancur

  46. asslmkm…. maaf sy mau ikut sharing, sy tinggal d papua , keponakan saya sakit dgn gejala seperti itu, tapi d usg d papua tdk nampak batu, sudah minum batugin tdk hilang2, masih kadang2 kambuh, rencana mau ke jakarta, apakah d rscm ngantrinya tdk lama ya?? soalnya kalo lama kasian biaya hidup d jakarta mahal, lagian dia juga masih sekolah, d jakarta tdk ada saudara yg punya rumah sendiri… tolong infonya

  47. Halo,saya erika dr medan,saya baru saja operasi pengambilan batu dr ureter kanan,diameter batu kira2 5mm.dokter menyarankan saya operasi karena posisi batu sangat dekat dengan ginjal,dikhawatirkan ada resiko apabila diambil tindakan “tembak dgn laser” atau ESWL,serpihan batu yang hancur bisa terlontar/masuk kembali ke ginjal.

    Tindakan operasi jg harus dilakukan karena jenis batu yang ada pd ureter saya bukanlah jenis batu asam urat tetapi jenis batu yg lebih padat,batu oskalat gitu deh,eh batu di ginjal berjenis-jenis lho (kalo salah mohon koreksi),selain itu karena penyumbatan oleh batu di ureter menyebabkan ginjal saya membengkak diakibatkan air seni yg tertahan di ginjal,dan apabila dibiarkan akan merusak fungsi ginjal.

    Jadi menurut saya,apapun yg menjd keputusan teman2 yg sedang menderita penyakit ini,jangan ditunda2 sebelum menyesal,ada pengalaman seorng ibu yg menganggap sepele masalah batu di ginjal/ureter,dia baru datang ke dokter beberapa tahun kemudian,tapi sudah terlambat,ginjal kanannya sudah tdk berfingsi sehingga dia harus hidup dgn satu ginjal.

    Mau operasi,tembak laser or ESWL… jangan ditunda…hidup kita sangat berharga,jgn disia-siakan.
    Oh ya,operasi tidak semengerikan yg dibayangkan kok,saya soalnya sdh 4 kali operasi.3 operasi caesar dan 1 operasi ureter.tapi ini yang terakhir deh :)

  48. makasih ya friend, gara-gara membaca komentar tentang ESWL suamiku langsung saya bawa ke rs annur yogya, dan di sana ditangani oleh dokter yang sangat ahli, ruangan nyaman dan full musik membuat pasien tenang.

    • Sya mohon info untuk biaya eswl nya, karna sya jg mengidap btu ginjal, ada 3 d ginjal kiri dan 1 d ureter kiri, diameter 1.02 – 1.27cm. Saat ini sya berdomisili d jogja.

      Dokter menganjurkan untuk segera operasi, tpi krena kterbatasan biaya mkanya sya menunda dlu…. Mohon segera dbls, terimakasih….

  49. Kemarin sudara Ada YG d tembak dgn eswl di rs.premier. bintaro., cm kurang dr 2 jam batunya bnr2 hbs kliatan d xraynya ukuran Batu sekitar 6mm. Mnurut sdr gw alat eswl YG d bintaro saat ini adalah yg tercanggih di indonesia selain sdh pk touch screen.. n hslnya jg lngsng kliatan pakai xray n usg sblm Dan sesudah d tembak.

  50. Dear Sijidewe,
    Saya mau tanya tentang ESWL untuk mertua saya, kondisi mertua saya kurang lebih beliau sudah gagal ginjal sebelah. sekarang batu ginjalnya belum bisa keluar tidak seperti biasanya. Apakah mertua bisa menerima perawatan dengan ESWL dengan kondisi tubuhnya seperti itu ?

    • wah kaau untuk yang sudah agak berat kurang tau mas/pak.. mungkin alangkah baiknya langsung konsutasi ke spesialis penyaki t dalam saja

  51. Maksudnya ginjal yang gagal dan yang ada batunya itu ginjal yang sama atau berbeda? Kalau berbeda bisa sangat berbahaya mas.

    Setiap opsi menjadi beresiko. Jika anda memilih metode tembak seperti artikel ini, maka ada resiko bisa jadi terjadi Atrofi, di mana tembakan merusak jaringan ginjal sehingga ginjal lama-kelamaan akan menyusut dan berkurang fungsinya. Kalau ginjal yang satu sudah gagal, dan yang lain menyusul mengalami atrofi, maka pilihan menjadi sedikit sulit. Ada baiknya konsultasikan resiko ini…

    Sedangkan jika memilih operasi terbuka bisa sangat berbahaya karena ginjal yang satu gagal, dan ginjal yang satunya lagi sedang luka. Otomatis selama proses penyembuhan bisa masuk kondisi gagal ginjal akut. Di mana Kreatinin akan naik ini menjadi masalah karena nafsu makan bisa berkurang dan Hb bisa drop dan akibatnya pasien bisa sangat lemah selama beberapa lama sampai ginjal yang dioperasi pulih.

    Ada baiknya ditanyakan dulu dengan detail ke dokternya jika benar ginjal yang ada batu berbeda dengan ginjal yang gagal…

  52. Haloo salam kenal semuanya..
    Skedar sharing aja. Suami pun mengalami penyakit yg sama, batu ginjal di ureter kanan, sebesar 1,0mm sehingga trjadi penyumbatan sal kemih, dan ginjal kanan membengkak. Pertama kali Eswl di rs. Wahidin makassar, biaya sekitar 7 jt lebih. Kontrol 2 mggu kemudian, trnyata batu yg sdh pecah trsebut menumpuk kmbali di ureter krn saluranx kecil. Kami pindah di rs. Pelamonia makassar, hari itu jg lgsg tindakan URS, pemasangan alat di anu. Brhubung ureterx kecil, maka batu ginjal yg tdinya mau di tarik, malah di naikkan ke ginjal. Lalu tindakan ESWL kedua di lakukan. Alhamdulillah skrg sdh baikan.

  53. @All Ask? : Apa setelah proses ESWL ada yang masih ngerasa nyeri di area yg di ESWL yach?… Coz udah 2hari yg lalu Aq di ESWL dan dokter menyatakan batu sudah hancur di foto jg udah gk ada batu. (Uk. Batu 1cm) Kencing berdarah 1x, kencing ke2 udah jernih. Butiran pasir jg bnar2 blm terlihat. Tapi Saya masih ngerasa nyeri terkadang di area ESWL itu. Apa ada yang berpengalaman sama? Thanks for share….

  54. Ini Untuk kedua kalinya saya terkena serangan Batu di ginjal, setelah 16 tahun yang lalu, sekitar tgl 4 sept 2012,namun kali ini sakit yang luar biasa seperti tak tahu posisi tubuh yg tepat, rasanya hampir tak sanggup berbuat apa2, tubuh banjir keringat dingin, nafas tak teratur, saya pikir saya akan mati, untung tetangga segera datang dan melarikan ke RS. Harapan Dpk. Ketemu salah satu Dokter (Dr. Er) untuk menahan rasa sakit yg luar biasa itu dimasukkan kapsul dari anus, sekitar beberapa menit rasa sakit yg luar biasa itu berangsur hilang, hingga sanggup berjalan ke ruang Radiologi dan scan, ternyata hasilnya batu opack tak ditemukan, sepertinya masih berupa cristal2 kecil dan tak tampak, namun demikian, sebagai sharing saja, model skit seperti ini sangat mungkin menyerang siapa saja, berhati2lah sbb sakit yang luar biasa itu, penyembuhannya mungkin sederhana, asal ada uang bisa diatasi, tapi rasa sakit saat menyerang itu yang perlu diwaspadai. salam sehat

  55. sy ingin sharing saja buat semua . bulan kemarin ibu saya baru dilakukan tembak batu ginjal di RS asri Jakarta selatan dg dr. Nur.( istilah nya PCNL ) dimana kondiri ibu sy lumayan parah saat berangakat ke jakarta karena kami dr PAlembang dan di sini tidak ada alatnya. Karena kondisi batu nya yang sdh besar. Mamang tindakan untuk PCNL itu besar biayanya karena cara kerjanya bagian pinggang itu di bedah kira-kira 2 cm untuk di masukan alat dan d tembak batunya dan di ssedot keluar. karena kemarin kondisi ibu sy sdh radang sehingga tindakan awal nya di sembuhkan radang nya dahulu itu selama 3 hari untuk mengeluarkan nanah. setelah hilang baru PCNL. sesudah PCNL 2 hari kemudian ibu sy sdh boleh pulang ke Palembang. ini sdh 1 bulan dan besok ibu sy akan di lepas selang yang masih ada di saluran kencing. Oleh karena itu apabila ada temen2 yang baru di nyatakan batu ginjal dan kondisi badan masih sehat ( dlm artian ginjal tidak radang ) ada baiknya segera di obatin atau di hilang kan batu nya ) jangan di tunda.( mungkin kalo mau coba herbal bisa tapi tetap di kontrol ke dokter melihat perkembangan batunya )
    Karena dalam setaun batu itu kalo pola makan ynag tidak baik bisa membesar. Ibu sy tahun lalu sdh tau dan kami coba beli obat2 peluruh batu namun mungkin masih kurang minum tetap ada dan membesar ) Mungkin biaya memang besar tapi adabaiknya segera di atasin karena kalau ginjal sudah rusak bahaya bisa cuci darah.Mungkin uang bisa di cari selama kita sehat.
    Semoga sharing sy ini bisa membantu temen2.

  56. saya bernar-benar terharu dengan ketulusan bapak/ibu dalam memberikan info tentang batu ginjal dan penangannya, menurut saya ini luar biasa. terika kasih.
    was

  57. saya bernar-benar terharu dengan ketulusan bapak/ibu dalam memberikan info tentang batu ginjal dan penangannya, menurut saya ini luar biasa. terika kasih.
    was

    Balas

  58. Mas/mbak/Bpak/ibu: ibu saya didiagnosa ada batu ginjal 1,5 cm. Dokter minta untuk dioperasi. Apakah klo oprasi ada resikonya. Klo ESWL di daerah Gresik atau Surabaya ada dimana ya.

  59. saya setuju dengan bu Rina, kalo udah ketahuan ada batu sebaiknya segera dilakukan tindakan supaya kerja ginjal tidak semakin berat.
    saya juga baru operasi batu ginjal sebelah kiri tgl 11 Desember yang lalu di RSUP Fatmawati. batunya lumayan besar (2 x 4,5cm, bukan mm ya). Alhamdulillah fungsi kedua ginjal bagus. untungnya hampir dua tahun yang lalu ada bagian batu itu yang patah sebesar jagung dan kencing bercampur pasir, jadi saya sakit dan periksa ke dokter yang akhirnya ketahuan kalau ada baru sebesar itu.
    kata dokter urologi pertama yang saya datangi: masih mungkin ditembak tapi beliaunya yakin tidak bisa 3 atau 4 kali. jadi beliau lebih memilih operasi supaya tuntas karena dari segi biaya juga bisa lebih besar ditembak kalo berkali-kali dan karena saya pake ASKES beliaunya tidak yakin juga bisa dicover askes atau nggak kalo berulang-ulang.
    terus dokter kedua dan ketiga yang saya datangi langsung menyatakan “tidak ada jalan lain, siapkan operasi”, ya udah saya manut aja
    proses operasi hampir 3 jam dan dibius total. setelah itu istirahat di RS 4 hari baru pulang.
    untuk memperlancar air seni, dipasang DJ Stent yang rencananya dibuka tgl 29 Januari ini.
    efek dari dj stent sering nyeri di punggung (belakang ginjal) dan di bawah pusar, atau kadang terasa anyang-anyangen. kata dokter ketika kontrol, kalo dj stentnya sdh dibuka insya Allah nggak sakit lagi…
    biaya operasi yang saya tanggung sekitar Rp3,7 juta karena ada obat yang tidak ada di DPHO askes yang menurut dokter yang menangani supaya cepat sembuh, termasuk dj stent yang harganya 400rb
    penyebab : dari SMA sampai kuliah saya kurang minum, olahraga kuat, dan kerjaan menerima ketikan skripsi dll sampai semalaman. setelah lulus kuliah kerja tetap banyak duduk dan olahraga sdh kurang…
    jadi, mari kita kurangi resiko kena batu saluran kemih dengan banyak minum air putih

  60. mas…kalo batu ukuran 2,5 cm dengan eswl kira-kira berapa kali ya….soalnya kata dokternya ga mungkin 1 kali eswl….dulu pernah di eswl cuma sekali tapi karena ukuran batunya masih kecil….

  61. hai all..specially Mas/pak sijidewe…sy sudah baca semua komen n pengalaman ttg tindakan ESWL ini, tp belum menemukan kasus dg usia pasien di atas 70th. kebetulan bapak sy terdeteksi batu ginjal beberapa minggu kmrin. kebetulan juga domisili sm dengan Mas/Pak sijidewe yaitu cikarang. sebetulnya kmrin kami sudah konsul dan mendapat rujukan utk bertemu dr. Paulus di RS siloam lippo. tapi kemudian tiba2 dr-nya sakit dan skr kami mendapat rujukan baru yaitu dr Lukman di RS Mitra Bekasi timur….kira2 ad tau ttg hasil tindakan yg disana? dan pernah ad yg tau efek samping tindakan tsb trhadap pasien di usia pasien>70th? jika ada terimakasih banyak atas informasinya.

  62. Bokap baru selesai eswl ke 6 kalinya februari lalu, start februari tahun sebelumnya. Batu di ginjal sebesar jahe atau sudah seukuran ginjal itu sendiri, shg kulit ginjalnya tipis banget. Alhamdulillah teknologi eswl tsb sempurna luruhkan batu yg bersarang di ginjal dan ureter kanan kirinya.

    Dulu sempet mau operasi tapi gara2 denger ada pasien lain meninggal pasca operasi ginjal bokap kabur sejam sebelum operasi.. dicari2 malah asik nonton dirumah.. hehe

    Sekarang, bokap malah agak kehilangan keseimbangan krn hampir 20th bawa batu ditubuhnya.. hehe..

    Perawatan di pelni, tindakan eswl di rs sahid dan rs bintaro jl jend sudirman

    Sehat selalu masbro..

  63. trimakasih sharenya. saya jadi tidak takut lagi. besok, tgl 21 mei akan ESWL di RS Saiful Anwar Malang. mohon doa semoga succes.amin3. saya usia 51 th, dan PNS. jadi bisa dibantu ASKES, meski tidak semuanya.

  64. 99.sahrin mei 22 2013 ikutan sharenya saya baru menjalankan pengobatan batu ginjal sebesar 5mm yg sdh turun 4cm di saluran ureter jadi sy menjalani eswl di salah satu rs di jakarta selatan tapi setelah eswl sy tdk merasakan apa apa bahkan kencing sy masih jernih sj tdk pernah kencing campur darah apa eswl sy berhasil apa engga yah jadi penasaran soalnya ginjal kanan sy sdh mengalami pembengkakan tp dokter yg merawat tunggu 2 minggu baru usg kembali

  65. 100. sahrin mei 22 2013 selamat sore syukur alhamdulilah setelah eswl batu ginjal sy keluar jg hilang sdh keraguan sy mengenai pengobatan eswl .ternyata pengobatan batu ginjal memakai alat eswl memang mantap sy rekomendasikan DR PONCO beliau selain peraktek di rscm beliau peraktek jg di rs Asri jln duren tiga jkt selatan.trims Dokter PONCO .buat penderita batu ginjal jgn ragu mencoba pengobatan melalui eswl trim semua cuma buat tambah pengalaman.

  66. Wah pake tehnologi hebat ya gan?? Dikota kecil ane dijawatengah ga ada deh kayaknya.

    Ijin ikut share pengalaman batu ginjal ane gan :D

    Nih penyakit yang udah ane derita / rasakan hampir 2 bulan. Kalo untuk kencing berdarah ane ga ngalaminya, mungkin masih terlalu kecil ukuran batu nya jadi ga sempat melukai ginjal atau saluran kencing ya ?? . Sempat di usg kata dokter ada 3 batu didalam ginjal kiri. 2minggu merasakan sakit di pinggang kiri, kadang sampai ke bagian perut kiri juga. Kalo lagi parah2nya semua bagian pinggang + perut + selangkangan juga sakit. Kalo pas proses keluarnya batu, sebelumnya hampir 1minggu juga ngerasakin sakit bgt didaerah (maaf) penis dan tempat telur2 nya. Alhamdulillah kemarin udah keluar satu biji. Bentuknya mirip pecahan gula batu tetapi bentuk agak oval , tekstur juga kasar + keras warna coklat , sempat merasakan sakit yang teramat sangat sebelum kencing ( lebay bgt ya ) hehe. Kalo buat ane yang ga pny penghasilan banyak cuma kedokter spesialis penyakit dalam aja gan USG + obat total 450rb, ane minum 6 jenis obat dr dokter habis dlm 1minggu walau setelah habis obat ga ada perkembangan :cd. Setelah obat dr dokter habis dan dikarenakan ga ada biaya lagi buat ke dokter, Ane coba minum air daun tempuyung yang direbus ( resep dr alm.bokap ) + teratur minum jamu untuk batu ginjal ( dijual diapotik2 harga perbotol 250ml sekitar 25-30rb ) alhamdulilah habis 1botol besar 250ml batu bisa keluar. Tinggal nunggu 2 batu yang sisa diginjal kali ya :hammers

    Bukanya promosi gan , sekedar info aja mungkin ada yang mau coba obat nya diapotik namanya BATUGIN harga sekitar 25-30rb . Atau kalo mau coba rebusan daun tempuyung ( kalo dirasa pahit bisa ditambah gula )

    Terimakasih

  67. Saya senang membaca berbagai macam testimony di media ini. saya jadi sedikit berkurang takut untuk menghadapinya. Insyaallah selasa tgl 16 Juli saya akan menjalani ESWL di rumah sakit Premier Bintaro, rujukkan dari rmh sakit setia mitra Fatmawati. dari sekian byk komen dan pertanyaan, blm ada yg menanyakan, apakah klu wanita yg menjalani ESWL akan dipasang kateter juga? mohon infonya ya rekan2…mksh seblmnya. Semoga kita semua diberi kesehatan dan umur yg barokah aminn…

    • Just Sharing, setahun yg lalu sempat mengalami nyeri pinggang dan colic, setelah ke dokter dan usg, di diagnosa batu ginjal.
      Karena sakit hilang, saya abaikan.

      Kemudian seminggu terakhir ini saya merasakan sakit ketika buang air kecil. Dari beberapa referensi yg saya baca dr internet saya mencoba menggunakan BATUGIN untuk peluruhan_nya, setelah saya minum rutin selama seminggu, mulai terasa kencing terasa makin sakit, dan Thx God akhirnya batu sebesar hampir 1cm keluar ketika kencing. Berikutnya rasa sakit pun hilang.

      Bagi yang merasakan hal serupa, bisa mencoba BATUGIN sebagai alternatif ESWL.

      Regards

  68. Maaf tanya nih. Apakah untuk batu ukuran 1,3 cm bisa di ESWL yang lokasinya di mangkok bawah kiri ginjal ?. Dan apakah setelah di ESWL batunya benar-benar hancur menjadi tepung atau masih berupa patahan atau seperti butiran seperti gula pasir ? Trmkasih

  69. ipar sy menderita batu ginjal dan ada di pasang selang di kiri kanan ginjal katanya ada penyempitan saluran kemih, dan udah cuci darah 3 kali. Apa masih bisa swl .tlg infonya
    rs di cengkareng yg memiliki fasilitasnya mas

  70. Saya baru seminggu lalu Eswl sampai 3500 ketukan namun batu tdk hancur, suruh dokter harus kontrol Lg selama 2 Minggu, kenapa tidak sekali aja, dan apa harus 2 kali, karena lumayan juga diketuk takutnya ada lari ke lain ginjal atau lainnya

  71. Adik saya juga mengalami batu ginjal, sudah operasi 3x 6 bulan lalu. Minggu kemarin, dia kolik dan ternyata batunya sudah jatuh dari ginjal ke saluran kemih, namun harus diambil dengan operasi. Saya minta dia mencoba untuk minum batugin karena saya kasihan melihat bekas sayatan operasinya yang masih berbekas dan harus operasi lagi. Puji Tuhan, 2 hari setelah minum batugin dan banyak minum, batunya keluar bersama kencing, saat diteropong ulang, operasi dibatalkan.

    Silahkan dicoba, siapa tahu bisa jadi alternatif pengobatan batu ginjal.

    HTH

  72. assallamualaikum
    mohon infonya ,di daerah banyumas atau purwokerto di rumah sakit apa ya? soalnya suami saya juga terkena batu ginjal
    terimakasih sebelumnya

  73. Maaf saya mohon infonya, di daerah Tanjung karang, Lampung di rumah sakit apa ya? Soalnya saya juga terkena batu ginjal. Terima kasih sebelumnya.

  74. Maaf saya mohon infonya, di daerah Tanjung karang, Lampung di rumah sakit apa ya? Soalnya saya juga terkena batu ginjal. Terima kasih sebelumnya.

  75. Salam. Saya baru bacA blog anda. Jadi ketawa sendiri baca komentar n sharing pembaca. Anda kelihatannya kok cocok jd konsultan he he. Padahal saya jg mau ESWL di Karyadi Smrg pakai Bpjs. Tapi kok harus di-radiologi dulu ya?

  76. Berbagi pengalaman.
    sudah 2 hari saya merasakan sakit di bagian bawah perut sampai ke pinggang bagian kanan belakang.rasanya sangat menyakitkan sampai perut terasa mual dan saya muntah2, sering terasa buang air kecil tapi ketika kencing terasa sakit sekali dan keluanya hanya sedikit. besok harinya saya pergi ke dokter klinik ahli penyakit dalam sama, dokter mengatakan bahwa saya terkena infeksi saluran kencing dia memberikan saya obat antibiotik dan penghilang rasa sakit.2 hari saya minum obat itu tapi sakitnya tidak hilang juga.karena tidak tahan sakit saya pergi ke rumah sakit stella maris makassar, saya disuruh USG dan periksa darah dan hasilnya ada batu sebesar 0,35 cm di uretera dan elektrositnya tinggi.. dokter suruh saya segera di operasi, mendengar itu saya jadi takut, karena saya takut dioperasi. kemudian saya buaka di internet ada operasi batu ginjal ESWL biayanya 7,5 juta di rumah sakit awal bross makassar.biaya yang cukup mahal bagi saya. Setelah membaca pengalaman dari teman2 yang berbagi pengalaman disini. saya mencoba minum Batugin Elixir saya beli di apotik harganya Rp 19 500.baru 3 kali saya minum pagi, siang dan malam. tepat jm 1 malam saya terbangun karena ingin buang air kecil. ketika kencing airnya keluar deras dan terasa ada yang mengganjal keluar bersamaan ternyata batu yang berukuran 0,35 cm sudah keluar. Karena saya setiap kali buang air kecil di botol bekas air mineral jadi batunya bisa kelihatan. Puji Tuhan sekarang saya sehat kembali dan terima kasih buat teman2 yang sudah berbagi pengalaman sebagai referensi saya.

  77. suami terkena batu ginjal 3 mm, di scan , di rontgen, di usg tidak terlihat…tapi dokter yg menangani menyatakan ada batu , akhirnya operasi , sdh di urs, terenyata batu tidak ada..tapi dari hasil foto sampai ginjal kanan ada peradangan..darah atau seperti luka yg kena sayatan batu..pada hari ke2 pasca operasi meriang akhirnya ternyata terkena infeksi saluran kencing..sampai saat ini masih di rumah sakit dan masih mengalami pipis berdarah.,..kata dokter kemungkinan ada pembentukan batu baru…terus terang saya jadi kuatir,,apakah benar batu langsung bisa timbul kembali pasca operasi?padahal suami masih di rumah sakit…kata dokter akan dilakukan tes lab urine untuk memastikan..mohon penecrahan..trim..

    • Semoga suaminya lekas di berikan kesembuhan bu.. memang betul batu bisa tumbuh lagi. Dan sebenarnya semua orang mempunyai batu ginjal cuma kapasitasnya yg berbeda, dan ada yg keluar lewat kencing ada yg mengendap

      • terima kasih banyak..suami masih di rumah sakit..dan pipis masih berdarah dan ada yg berwarna gelap..dokter menduga ada masalah dengan prostat nya…karena harusnya darah yg dikeluarkan hanya berwarna pink pada pipisnya dan bukan merah tua..jadi besok senin akan diadakan tes MRI dan PSA..serta lab urine..mohon doanya tidak ada apa2..amin

  78. sebelumnya terima kasih infonya. Mohon infonya, selain rs siloam, di mana ya? sekedar sharing,, awal bulan yg lalu kami sdh konsul dengan dua dokter urologi, dari hasil SC SCAN, USG dokter menyarankan untuk operasi., besar batu 0, 85 X 1X 0,6 CM., di RSCM tdk bisa ESWL, RS ASRI tdk bisa juga. mohon pencerahannya, apa rs siloam bisa ya ESWL anak? terima kasih sebelumnya

  79. hari ini suami baru selesai ditindak eswl . di rawat inap di hermina daan mogot krn tdk ada alat nya maka ditindak di premier bintaro. total biaya 12.3jt sdh smua. bersyukur dicover sma asuransi. ukuran batu nya di kiri sebesar 1.1cm, prosesnya cm 45 menitan setelah itu pipis 2x kluar darah. so far baik2 aja gak ada keluhan appa2

  80. Dokter Spesialis Urologi di RS Awal Bros Bekasi yang enak komunikasi dan analisanya lebih tepat siapa ya?.. mohon Share barangkali ada pengalaman…

  81. Ping-balik: Kalau Yang Ini Pak Polisi Berani Nilangkah..? | sijidewe's blog

  82. Ping-balik: Cara Menghitung Denda Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor | sijidewe's blog

  83. Ping-balik: Review Impresi Riding Shock YSS Vario Techno 110 | sijidewe's blog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s